Selasa, 09 September 2008

Jaringan Komputer

Network atau jaringan komputer dapat diartikan sebagai dua atau lebih komputer yang dihubungkan, sehingga dapat berkomunikasi bertukar informasi. Jaringan komputer dapat memberikan suatu efisiensi, sentralisasi, dan optimasi kerja. Melalui jaringan komputer kita dapat bertukar data, satu komputer dapat berhubungan dengan komputer lain dan saling berkomunikasi.
Tujuan dari pemakaian jaringan adalah resource sharing, yaitu berbagi pakai. Resource sharing bertujuan agar seluruh program, peralatan, serta data dapat digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan tanpa terpengaruh oleh lokasi resource dan pemakai.


Topologi bus


Topologi jaringan jenis ini menggunakan sebuah kabel pusat yang merupakan media utama dari jaringan. Setiap workstation dan server terhubung pada satu kabel yang disebut bus/trunk. Data yang dikirimkan akan langsung menuju terminal yang dituju tanpa harus melewati terminal-terminal dalam jaringan, atau akan diroutingkan ke head end controller. Tidak bekerjanya sebuah komputer tidak akan menghentikan kerja jaringan. Jaringan ini tidak akan bekerja bila kabel utamanya dipotong atau diputus. File server tidak dapat berfungsi untuk melayani jaringan, jika salah satu ujung trunk tersebut tidak diterminasi atau salah satu kabel terputus.


Topologi star


Jenis topologi ini menggunakan satu terminal sebagai terminal sentral yang menghubungkan ke semua terminal client, sehingga masing-masing client tidak berhubungan. Apabila ada salah satu terminal klien tidak berfungsi atau media transmisinya putus, maka jaringan tetap akan bekerja dengan baik, karena gangguan tersebut hanya mempengaruhi terminal yang bersangkutan.


Topologi ring


Dalam topologi ini, seluruh komputer dihubungkan membentuk suatu loop tertutup. Pada topologi jenis ini transfer data mengelilingi jaringan dengan satu arah pengiriman ke komputer selanjutnya hingga mencapai komputer yang dituju. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai terminal tujuan disebut walk time (waktu transmisi).

0 komentar:


Blogspot Template by Isnaini Dot Com Powered by Blogger and Local Jobs