Selasa, 04 November 2008

Search Engine

Search engine merupakan fasilitas browsing yang digunakan untuk mencari informasi dalam waktu singkat. Dikatakan singkat karena kita tidak perlu mengingat dan mengetikkan nama halaman situs yang akan dicari. Cukup dengan mengetikkan kata kunci, berupa jenis informasi yang akan kita cari pada search engine. Mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan informasi tentang banyak halaman web, yang diambil langsung dari WWW. Halaman-halaman ini diambil dengan web crawler — browser web otomatis yang mengikuti setiap pranala yang dilihatnya.

Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk menentukan cara mengindeksnya (misalnya, kata-kata diambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang disebut meta tag). Data tentang halaman web disimpan dalam sebuah database indeks untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. Sebagian mesin pencari, seperti Google, menyimpan seluruh atau sebagian halaman sumber (yang disebut cache) maupun informasi tentang halaman web itu sendiri.

Macam-macam search engine yang populer antara lain:

1. Google



Google adalah search engine yang sangat populer, khususnya di Indonesia. Gooogle memiliki kecepatan akses yang baik. Google merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat, berperan dalam pencarian Internet dan iklan online. Perusahaan ini berbasis di Mountain View, California. Pada Agustus 2007, Google merupakan mesin pencari di web yang paling sering digunakan dengan saham pasaran sebanyak 53,6%.

Google memiliki milyaran halaman web, sehingga pengguna dapat mencari informasi yang mereka inginkan, melalui penggunaan kata kunci dan operator. Google juga telah menggunakan teknologi Pencarian Web pada layanan pencarian lainnya, termasuk, Pencarian Gambar, Google News, situs perbandingan harga Google Product Search, arsip Usenet interaktif Google Groups, Google Maps dan lainnya.

2. MSN



MSN adalah search engine yang dibuat oleh Microsoft. MSN juga relatif mudah digunakan. Mungkin MSN jarang digunakan, tetapi hasil pencariannya relatif lebih lengkap daripada Google. Juga kategori pencarian yang lebih lengkap.

3. Yahoo!



Yahoo! adalah pelopor search engine di dunia. Hampir 60% pengguna internet menggunakan Yahoo! untuk mencari informasi. Tampilan halamannya mudah dipahami dan terorganisir sehingga mempermudah pencarian. Keunggulan search engine Yahoo! daripada yang lain adalah dapat mencari informasi dalam benda bergerak, misal: video, mp3, animasi, dll. Yahoo! juga menyediakan e-mail gratis dan fasilitas chatting.


Amalia Indah
XI IA 1/04

0 komentar:


Blogspot Template by Isnaini Dot Com Powered by Blogger and Local Jobs